Apa itu perkembangan anak ?

Seorang anak tidak hanya bertambah besar secara fisik. Anak-anak tumbuh, berkembang, dan belajar sepanjang hidup mereka, dimulai sejak lahir. Perkembangan anak dapat diikuti dengan mengetahui bagaimana cara mereka bermain, belajar, berbicara, dan berperilaku.

Apa itu keterlambatan perkembangan ? Akankah anak saya akan melewatinya dengan sendirinya ?

Keterampilan seperti langkah pertama, tersenyum untuk pertama kalinya,  dan melambai disebut tugas perkembangan. Anak-anak mencapai tugas tertentu dalam bermain, belajar, berbicara, berperilaku, dan bergerak (merangkak, berjalan, dll).

Keterlambatan perkembangan terjadi ketika anak Anda tidak dapat memenuhi tugas ini pada saat yang sama dibandingkan anak-anak seusianya. Jika anak Anda tidak berkembang dengan baik, ada hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk membantunya. Kebanyakan masalah  perkembangan bukanlah sesuatu yang akan terlewati dengan sendirinya. Tetapi dengan bantuan, anak Anda dapat mencapai potensi optimalnya.

Apa itu pemantauan perkembangan ?

Dokter dan perawat menggunakan pemantauan perkembangan untuk mengetahui apakah anak-anak menguasai keterampilan dasar pada saat yang seharusnya, atau jika mereka  mengalami kesulitan. Dokter anak Anda dapat mengajukan pertanyaan atau berbicara dan bermain dengan anak Anda selama pemeriksaan untuk melihat bagaimana dia belajar, berbicara, berperilaku, dan bergerak. Karena tidak ada uji laboratorium atau tes darah untuk mengetahui apakah anak Anda mengalami keterlambatan, pemantauan perkembangan akan membantu mengetahui apakah anak Anda perlu menemui seorang spesialis.

Mengapa pemantauan perkembangan penting ?

Ketika keterlambatan perkembangan tidak dideteksi dini, anak harus menunggu untuk mendapatkan bantuan yang mereka butuhkan. Hal ini dapat menyulitkan mereka untuk belajar ketika mereka mulai bersekolah. Di Amerika Serikat, 17 persen anak-anak memiliki cacat perkembangan atau perilaku seperti autis, cacat intelektual (juga dikenal sebagai keterbelakangan mental), atau gangguan pemusatan perhatian/hiperaktivitas (attention-deficit/hyperactivity disorder, ADHD).

Selain itu, banyak anak yang mengalami keterlambatan perkembangan bahasa atau di bidang lainnya. Tetapi, kurang dari separuh anak bermasalah teridentifikasi sebelum mereka bersekolah. Dalam periode ini, anak bisa menerima bantuan untuk mengatasi masalahnya dan bahkan akan dapat  memasuki sekolah dengan kondisi yang lebih siap untuk belajar.

Saya khawatir anak saya mungkin memiliki keterlambatan perkembangan. Siapa yang dapat saya hubungi di daerah saya untuk mendapatkan asesmen perkembangan bagi anak saya ?

Bicaralah dengan dokter atau perawat anak Anda jika Anda khawatir dengan perkembangan anak Anda. Jika Anda atau dokter Anda berpikir bahwa ada masalah dengan anak Anda, Anda dapat membawanya ke dokter spesialis tumbuh kembang.  Jika memang anak Anda memiliki masalah, sangatlah penting untuk mendapatkan bantuan baginya secepat mungkin.

Bagaimana saya dapat membantu perkembangan anak saya ?

Gizi yang cukup, olahraga, dan istirahat sangat penting bagi kesehatan dan perkembangan anak. Menyediakan rumah yang aman dan penuh kasih serta menghabiskan waktu bersama anak Anda – bermain, bernyanyi, membaca, dan bahkan hanya berbicara – juga dapat membuat perbedaan besar dalam perkembangannya.

Untuk memperoleh ide kegiatan yang dapat Anda lakukan bersama anak Anda, dan untuk informasi keselamatan anak, Anda dapat mengakses http://www.cdc.gov/ncbddd/child pada bagian “Developmental Milestone”. (DWR)

Sumber : http://www.cdc.gov/actearlyLearn