Buah kurma tentu tidak asing lagi bagi kita. Pohon kurma memang terdapat di Arab tetapi telah dikonsumsi masyarakat dunia, termasuk Indonesia. Buah khas Timur Tengah ini menjadi favorit  saat berbuka puasa. Rasa kurma yang manis juga mempunyai banyak khasiat. Disarikan dari berbagai sumber, khasiat kurma antara lain:

1. Jika dimakan tanpa membuang kulitnya, dapat melancarkan pencernaan dan mencegah peradangan usus.

2. Bagi perempuan menyusui, kandungan zat besi dan kalsium dalam kurma dapat menambah kuantitas air susu.

3. Kurma pun berperan membantu pembentukan darah dan sumsum tulang bagi bayi yang disusui.

4. Kurma dipercaya memberi tambahan tenaga untuk ibu hamil.

5. Menurut hasil penelitian, jus kurma dapat memperkuat urat-urat rahim, sehingga proses melahirkan lebih mudah. Juga mengurangi pendarahan ketika melahirkan serta menguatkan organ rahim.

6. Konon, bayi yang disusui ibu yang rajin mengonsumsi kurma, akan tumbuh menjadi anak yang cerdas.

7. Sangat baik untuk mengatasi masalah sembelit, lemah otot, letih, stres, dan pegal.

8. Membantu menguatkan daya ingat.

9. Perempuan Arab percaya kurma dapat menghaluskan kulit. Biasanya dengan campuran bahan lain dijadikan kosmetik pelengkap kecantikan.

10. Kadar kalium yang terdapat dalam kurma dapat mengurangi risiko serangan stroke dan darah tinggi.

11. Bagi penderita batuk, kandungan gulanya dapat menghilangkan gatal-gatal di kerongkongan, sekaligus menghentikan batuk.

12. Jus kurma juga berkhasiat mengurangi penyakit insomnia.

13. Kurma dapat menambah nafsu makan dan seksual.

14. Zat besi dan hidrat arang yang terkandung cukup baik bagi penderita anemia dan lesu kronis.

15. Mempunyai andil menghangatkan badan dan meningkatkan daya kerja otak.

Tidak Mengandung Lemak
Kurma ternyata memiliki segudang manfaat. Kandungan protein dan gula alaminya sangat mudah dicerna, sehingga baik dikonsumsi orang yang sudah seharian berpuasa. Kandungan potasium dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan dapat mengurangi risiko serangan stroke. Dalam buah kurma, potasium dikenal sebagai excellent source karena bermanfaat mengatasi dan mengurangi keletihan.

Kurma juga dipercaya sebagai penyumbang tenaga paling besar. Dapat menyuplai kalori dalam jumlah besar. Karena itu, berbukalah dengan kurma secukupnya. Jika terlalu banyak akan mengurangi nafsu makan.

Masih berbicara tentang kandungan kurma, para ahli gizi mengatakan, buah ini juga mengandung kalium. Zat yang sangat berguna menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Fungsi mineralnya membuat denyut jantung teratur, mengaktifkan kontraksi otot, dan menstabilkan tekanan darah.

Buah kurma tidak mengandung lemak, namun kandungan karbohidratnya dapat menghasilkan energi (tenaga) tinggi. Begitu banyak manfaat kurma, sehingga para perempuan Arab menggunakan sebagai formulasi menjaga kehalusan kulit. Mereka gemar menyantap kurma, menyajikan pada tamu sebagai tanda penghormatan, dan juga menggunakan untuk pelengkap masakan. para ahli kesehatan juga mengemukaan tentang khasiat buah kurma. Telah banyak juga masayarakat yang membuat sari kurma.

Kurma merupakan jenis tumbuhan palem atau dalam bahasa Latinnya Phonex dactylifera. Dapat dimakan selagi mentah ataupun matang. Umumnya tumbuh di dataran Timur Tengah, antara lain Madinah, Mesir, dan Tunisia. Jadi tidak heran banyak pasar kurma di sana.

Kandungan Nutrisi kurma:
1. Air 22.50 g
2. Energi 275 kal
3. Energi 1.151 kj
4. Protein 1,97 g
5. Lemak 0,45 g
6. Karbohidrat 73,51 g
7. Serat 7,5 g
8. Ash 1,58 g
Mineral:
1. Kalsium, Ca 32 mg
2. Zat Besi, Fe 1,15 mg
3. Magnesium, Mg 35 mg
4. Fosfor, P 40 mg
5. Potasium, K 652 mg
6. Sodium, Na 3 mg
7. Zinc, Zn 0,29 mg
8. Copper, Cu 0,288 mg
9. Manganese, Mn 0,298 mg
10. Selenium, Se 1,9 mcg
Vitamin:
1. Thiamin 0,090 mg
2. Riboflavin 0,100 mg
3. Niacin 2,200 mg
4. Pantothenic 0,780 mg
5. Vitamin B-6 0,192 mg
6. Folate 13 mcg
7. Folate, food 13 mcg
8. Vitamin A, 50 IU
9. Vitamin A, RE 5 mcg_RE
10. Vitamin E 0,100 mg_ATE